Penilaian Petani, LKM Dan Gapoktan Berprestasi Se-Kabupaten Polman 2015


           Penumbuhan dan pembinaan kelompoktani yang dilaksanakansecara berkesinambungan diarahkan pada upaya peningkatankemampuan kelompoktani dalam melaksanakan fungsinya sebagaikelas belajar, wahana kerjasama dan unit produksi sehingga mampumengembangkan usaha agribisnis dan menjadi organisasi petaniyang kuat dan mandiri. Salah satu upaya untuk mengetahui sejauhmana perkembangan kemajuan kelompoktani dalam melaksanakanfungsinya adalah melakukan penilaian kemampuan kelompoktanisesuai klasifikasi kelompoktani. Untuk menyelenggarakan penilaiankemampuan kelompoktani tersebut perlu disusun PetunjukPelaksanaan Penilaian Kemampuan Kelompoktani sebagai dasarpenyelenggaraan penilaian tersebut.

     Kegiatan pembinaan/penilaian Petani, LKM dan Gapoktan PUAP berprestasi dimaksudkan untuk memberikan potret peningkatan kualitas Petani, LKM dan Gapoktan sekaligus sebagai bahan pemberian reward dan memberikan perhatian khusus pada Petani, LKM dan Gapoktan yang memiliki kualitas jauh di bawah standar.

          Sasaran yang akan dinilai sebagai calon Petani, LKM dan Gapoktan PUAP berprestasi adalah Petani yang mempunyai kemandirian, sedangkan LKM dan Gapoktan yang merupakan penerima dana BLM PUAP pada Tahun 2010 sampai dengan Tahun 2012 (167 Gapoktan) sebagai kelembagaan tani pelaksana PUAP yang menjalankan kegiatan usaha tani di sub-sektor tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan (on-farm) serta sub-sektor industri rumah tangga pertanian, pemasaran hasil pertanian skala mikro, dan usaha lain berbasis pertanian (off-farm) sesuai dengan potensi ekonomi desa.

       Pelaksanaan penilaian lomba dilaksanakan melalui 2 tahap yakni tahap sosialisasi Tentang Penilaian Lomba Petani, LKM dan Gapoktan Berprestasi pada tanggal 16 Februari 2015 dan di Aula BP4KKP dantahpa pelaksanaan penilaian lomba Petani, LKM dan Gapoktan Berprestasi pada tanggal 2 s/d 16 Maret di 16 Kecamatan se_ kabupaten Polewali Mandar.
Labels: Gapoktan, Reskitunassemi, Tapango

Thanks for reading Penilaian Petani, LKM Dan Gapoktan Berprestasi Se-Kabupaten Polman 2015. Please share...!

0 Comment for "Penilaian Petani, LKM Dan Gapoktan Berprestasi Se-Kabupaten Polman 2015"

Back To Top